Akhlaq dan Nasehat

Kemuliaan Anak-Anak Penghafal Alquran

Kemuliaan Anak-Anak Penghafal Alquran

Administrator | Jumat, 11 Oktober 2019 - 17:42:43 WIB | dibaca: 241 pembaca

Alquran adalah kitab suci yang diturunkan Allah SWT melalui Malaikat Jibril pada Nabi Muhammad Shalallaahu 'Alayhi Wasallam. Alquran berisi 114 surah, 30 juz dan 6.236 ayat,  yang semua itu menjadi pedoman hidup bagi umat Muslim sedunia. Di bulan suci Ramadan, membaca Alquran termasuk salah satu kegiatan yang pahalanya dilipatgandakan.

Menurut Ustaz Masruri, Waka Kurikulum Griya Al Qur'an, kegiatan menghafal Alquran kini telah berkembang pesat dan menjadi tren di kalangan anak-anak.

"Perkembangannya cukup signifikan. Ada banyak sekolah yang mempunyai program belajar membaca dan menghafal Alquran. Ini menunjukkan bahwa orang tua kian menyadari arti penting bagi anaknya untuk dapat menghafal Alquran," jelasnya kepada Basra, Selasa (7/5).

Menurut Ustaz Masruri semakin banyak anak yang menghafal Alquran karena tak lepas dari kemuliaan yang juga didapat orang tuanya di hari akhir kelak. Seperti yang tertuang dalam riwayat lain, dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

''Alquran akan datang pada hari kiamat seperti orang yang wajahnya cerah. Lalu bertanya kepada penghafalnya, ''Kamu kenal saya? Sayalah membuat kamu bergadangan tidak tidur di malam hari, yang membuat kamu kehausan di siang harimu… '' kemudian diletakkan mahkota kehormatan di kepalanya, dan kedua orang tuanya diberi pakaian indah yang tidak bisa dinilai dengan dunia seisinya. Lalu orang tuanya menanyakan, ''Ya Allah, dari mana kami bisa diberi pakaian seperti ini?'' kemudian dijawab, ''Karena anakmu belajar Alquran''. (HR. Thabrani dalam al-Ausath 6/51, dan dishahihkan al-Albani).

"Itu adalah salah satu kemuliaan memiliki anak penghafal Alquran Sehingga orang tua memotivasi anak untuk melakukan kegiatan hafalan Alquran," kata Ustaz Masruri.

Di Surabaya terdapat sejumlah tempat belajar membaca Alquran yang juga memiliki program hafalan Alquran bagi anak-anak. Ustaz Masruri memberikan tips agar anak dapat melakukan kegiatan hafalan Alquran dengan hasil yang maksimal:

 

  1. Harus ada niat dan komitmen dari anak dan orang tua saat mengikuti kegiatan hafalan Alquran. Ustadz Masruri mengatakan, kesulitan terbesar bagi seorang anak mengikuti kegiatan hafalan Alquran adalah kurangnya kerja sama dari orang tua. "Orang tua harus bisa mendukung penuh kegiatan sang anak dalam mengikuti kegiatan hafalan Alquran, sebab ini jadi salah satu kunci keberhasilan," tegasnya.
  2. Mencari kelompok/komunitas penghafal Alquran. Ini penting agar anak memiliki teman 'seperjuangan' sebab kegiatan menghafal Alquran bukanlah kegiatan yang mudah dilakukan seorang anak. Harus ada teman yang bisa memotivasinya.
  3. Guru yang kompeten. Kegiatan menghafal Alquran bukan hanya sekadar kegiatan membaca Alquran kemudian menghafalnya. Bacaan-bacaannya haruslah tepat, di sinilah peran seorang guru yang berkompeten dibutuhkan.

 

  sumber : https://kumparan.com/beritaanaksurabaya/kemuliaan-anak-anak-penghafal-alquran-1r2I5GwAQV5

 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)